Cara Bedakan Anakan Canting Jantan dan Betina

Beberapa waktu lalu saya menemukan sarang burung canting dipucuk pohon mangga, ternyata ada 2 ekor burung yang masih diloloh sama indukannya, tanpa saya permisi langsung saya ambil sarang tersebut dengan niatan ingin saya rawat sendiri untuk memaster burung lain dan kalau dirawat dari lolohan burung pasti jinak dan cepat gacor.

Untuk anakan canting/ sogok ontong yang saya temukan ini saya loloh dengan pakan kroto bersih dan air gula, tetapi beberapa saat saya kepikiran ini yang jantan mana ya karena burungnya kelihatan sama dan sangat sulit sekali membedakan kelamin canting anakan ini.
membedakan kelamin anakan canting yang belum keluar trotolnya
Perbedaan Anakan Sogok Ontong Jantan dan Betina
Membedakan sogok ontong trotol memang mudah karena bulu sudah ada trotol metalik tetapi untuk membedakan anakan yang masih belum memiliki trotol akan cukup sulit, maka dari itu saya menandai salah satu burung temuan saya tersebut untuk mempelajari dan mencari perbedaan canting anakan jantan dan betina.

Setelah saya amati sampai keluar trotol metalik kurang lebih setelah 40 hari saya rawat, perbedaan jantan dan betina anakan canting ini dapat dilihat dari ciri fisik, warna serta tingkah laku. Berikut data yang saya amati setelah memelihara anakan burung madu sriganti.

Ciri Anakan Canting Jantan
  • Warna bulu cenderung kuning pekat atau lebih menyala, warna bulu ini masih pekat kalau kita baru dapat tetapi kalau sudah kita rawat dan kita beri makan seperti kroto dan air gula biasanya warna menjadi agak pudar.
  • Alis mata lebih panjang dan tebal dibandingkan kolibri betina
  • Jika diamati kepala canting jantan lebih besar dan kotak
  • Warna ekor cenderung hitam gelap
  • Warna bulu dada kuning pekat/ kuning tua/ cenderung agak oren
  • Pangkal paruh kuning pekat cenderung orange
Ciri Anakan Canting Betina
  • Warna bulu cenderung kuning pudar agak keputihan, walaupun baru didapat dari alam untuk canting betina memiliki warna yang pudar.
  • Alis mata pendek dan tipis
  • Kepala cenderung lonjong
  • Warna ekor hitam dof/ hitam pudar
  • Warna bulu dada kuning pudar 
  • Pangkal paruh putih pucat
Untuk tingkah laku saat diloloh kebetulan anakan sogon betina yang saya temukan lebih agresif daripada yang jantan, saya tidak bisa memastikan apakah itu bisa dijadikan patokan apa tidak dan anakan betina kelihatan lebih besar dari jantan.

Itulah beberapa cara untuk membedakan anakan sogok ontong jantan dan betina, jika anda memiliki anakan burung ini jangan lupa untuk memaster burung tersbut agar suaranya bervariasi. Untuk suara masteran bisa dengan burung kenari atau burung lovebird.

0 Response to "Cara Bedakan Anakan Canting Jantan dan Betina"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan akun Google anda.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel