Cara Mudah Menangkap Lovebird Yang Lepas

Burung lovebird merupakan burung yang pintar, tak jarang burung tersebut bisa membuka pintu sangkarnya sendiri kalau kita lupa untuk mengancing pintu sangkar. Tak jarang burung LB suka merambat pada pintu dan menarik-narik pintu tersebut seperti mau membuka dengan paruhnya, itu memang benar karena burung tersebut hafal jalan keluar ketika kita membuka pintu untuk memberikan makan dan minum.
memancing lovebird lepas agar mau turun

Burung lovebird lepas mungkin karena sangkar yang jatuh, memang kalau kita lagi apes kadang ketika ingin mengantang sangkar tetapi tidak pas pada paku ataupun gantangan dan hasilnya sangkar jatuh dan burung lepas biasanya burung masih kaget dan stress sehingga masih diam dilantai dan mudah untuk ditangkap.

Sangkar yang jatuh karena terkena hembusan angin dan burung sudah terbang bebas tetapi masih ada disekitar rumah, cara menangkap burung tersebut masih mudah kalau burung jinak dan tidak langsung terbang jauh.

Pada intinya banyak faktor yang menyebabkan burung lovebird lepas, maka dari itu kali ini kita akan membahas bagaimana cara menangkap burung LB anakan ataupun dewasa yang lepas.

Jika LB Paud yang lepas, biasanya burung anakan/ paud masih minta loloh kalau ada indukannya maka bisa dipancing dengan indukan tersebut agar mau turun. Apabila LB Paud yang kita loloh sendiri lepas maka tunjukkan alat untuk meloloh burung tersebut, jika anakan tersebut lapar pasti langsung menghampiri

Jika Lovebird Dewasa yang lepas, maka carikan LB lain untuk pancingan agar burung tidak terbang jauh. Jika burung sudah saling saut-sautan biasanya burung yang lepas tadi akan menghampiri burung pancingan karena pada dasarnya LB merupakan burung koloni.

Untuk cara menangkap LB dewasa yang lepas ada beberapa cara yaitu..

  1. Tangkap LB dengan sangkar kosong, caranya siapkan LB lain sebagai pancingan dan letakkan sangkar kosong yang sudah dibuka pintunya disamping sangkar LB pancingan tersebut. Pastikan memberikan makanan kesukaan LB seperti jagung, kangkung dan milet agar burung mau masuk sangkar tersebut.
  2. Gunakan suara mp3 untuk memancing LB turun, jika tidak punya LB lain untuk memancing LB yang lepas turun maka bisa menggunakan pancingan suara mp3 lovebird. Yang penting LB tidak terbang jauh dulu dan kalau burung sudah lapar biasanya akan mencari-cari makanan dan hinggap pada sangkar burung lain walaupun bukan sangkar burung LB. Maka dari itu pastikan anda sudah menyiapkan sangkar yang sudah dipenuhi makanan kesukaan burung LB.
  3. Menangkap pakai getah/ pulut, cara ini memang paling mudah tetapi resikonya jika bulu burung melekat pada pulut dapat dipastikan akan susah untuk dilepaskan tetapi gak apa-apa yang penting burung bisa tertangkap. Caranya mudah jika punya LB pancingan maka pulut bisa diletakkan didekat sangkar yang kemungkinan dihinggapi LB yang lepas tadi.
  4. Tangkap LB lepas dengan disemprot air, tujuan menyemprotkan air agar burung tidak bisa terbang karena bulunya lepek/ basah maka agar bulu bisa cepat basah campurkan sampo pada air tersebut atau bisa disemprot dengan air cucian beras.
  5. Tunggu dengan sabar, kita jangan terburu-burung untuk menangkap burung LB yang lepas karena mungkin burung tersebut masih kaget karena sangkarnya jatuh bisa saja burung langsung terbang menjauh maka dari itu biarkan burung tenang dan jangan mengejar ataupun menimpuk burung tersebut karena burung bisa takut dan tidak kembali pada sangkarnya.
Ada kasus juga jika sepasang indukan lovebird yang lepas secara bersamaan nah bagaimana cara menangkapnya karena biasanya kalau sepasang yang lepas burung susah untuk dipancing dengan LB lain. Cara yang terfikirkan oleh saya yaitu dengan cara menunggu saja, menunggu sampai malam dan kita harus tau dimana burung yang lepas tadi tidur dan pada malam harilah kita mulai menangkapnya bisa dengan cara dipulut atau kita memanjat dengan hati-hati agar burung tidak terbangun dan terbang lagi.
sepasang LB lepas karena lupa tidak menutup pintu sangkar

Yang penting ketika kita mengetahui ada burung LB kita yang lepas kita tidak usah terlalu panik, langsung saja carikan LB pancingan ataupun suara mp3 agar burung tidak terbang terlalu jauh. Jika burung sudah hinggap dipohon biarkan saja yang penting masih dalam jangkauan kita dan kita persiapkan alat-alat dan cara untuk menangkap burung tersebut seperti diatas.

0 Response to "Cara Mudah Menangkap Lovebird Yang Lepas"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan akun Google anda.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel