Setelan Lomba Cucak Ijo Tampil Maksimal

Burung cucak hijau kian populer diarena kontes karena gaya tarung dan suara yang merdu menjadikan burung ini selalu full gantangan diarena lomba. Burung ini sebenarnya bukan burung fighter melainkan burung yang semi fighter maka dari itu perlu perawatan khusus jika burung ini ditujukan untuk dibawa ke arena lomba. Jika anda merasa burung cucak ijo anda prospek gantangan maka tidak ada salahnya untuk mencobanya walaupun hanya kelas latber untuk melatih mental burung.

Setingan cucak ijo jawara kontes nasionalRawatan cucak ijo lomba sebenarnya hampir mirip dengan setingan hariannya cuma yang membedakan adalah beberapa hari sebelum perlombaan dimulai kita perlu melakukan setingan yang lebih, yang dimaksud lebih disini adalah kita sedikit lebih menambahkan pakan exstra foodingnya dan juga menambah jam istirahat menjelang lomba karena kita pasti tidak mau burung kita gembos karena kehabisan tenaga.

Sebelum kontes dimulai alangkah baiknya anda amati terlebih dahulu apakah burung cucak ijo anda dalam kondisi prima, tidak ada bulu yang jatuh serta dalam keadaan birahi yang stabil karena itu menjadi faktor penentu burung kita nanti akan kerja dilapangan apa tidak.

Berikut ini setingan lomba cucak ijo milik saya sendiri, apakah setingan ini cocok dengan burung anda saya juga gak terlalu yakin tetapi ini bisa dijadikan sebagai contoh dan referensi jika anda masih bingung dalam mencari rawatan yang sesuai dengan karakter cucak ijo anda.
  1. 3 hari sebelum hari perlombaan burung cucak ijo wajib full krodong dan tidak boleh dipertemukan dengan burung cucak ijo lain gunanya adalah untuk menyimpan tenaga dan stamina agar tidak gembos saat digantangan nanti.
  2. Mandikan pagi hari dan jemur jangan terlalu lama, maksimal 30 menit saja.
  3. Beri pakan buah pepaya untuk H-3 dan H-2 dan untuk H-1 berikan buah pisang.
  4. Untuk exstra fooding berikan jangkrik 5 ekor pagi dan 5 ekor juga untuk sore hari.
  5. 1 jam sebelum digantang angin-anginkan sebentar burung, ini juga bertujuan agar cucak ijo beradaptasi dengan suasana arena lomba.
  6. Berikan jangkrik 5 ekor serta ulat hongkong 7 ekor.
  7. Bersihkan dasar sangkar dari kotoran ataupun sisa pakan yang berjatuhan.
  8. Jika burung mau naik gantangan berikan jangkrik 1 ekor lagi.
  9. Amati cucak ijo anda pada saat digantangkan, apakah burungnya mau kerja maksimal yaitu bongkar isian sambil bergaya ngentrok ataupun hanya berkicau tanpa gaya ngentrok?
  10. Jika burung sudah mau kerja dilapangan maka teruskan setingan lomba tersebut jika belum maksimal maka perlu dikoreksi lagi apa yang kurang dari setelan diatas.
Jika anda merasa isian burung cucak ijo anda kurang maka anda harus membaca artikel kami sebelumnya tentang Download mp3 Cucak Ijo dan Cara Memaster Cucak Ijo Cepat Masuk.
Diatas tadi adalah contoh setelan cucak ijo lomba, setingan tersebut sudah terbukti cocok pada burung saya tetapi tiap burung mempunyai perawatan lomba sendiri-sendri maka anda perlu mencoba untuk mencari rawatan yang cocok untuk burung anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel