Cara Keluarkan Sifat Fighter Lovebird

Untuk pencinta burung LB (Love Bird) terkadang ada yang bingung dan sedikit pusing apabila LB nya tidak mau keluar fighter nya padahal durasi ngekeknya sudah panjang. Mungkin karena perawatan yang kurang konsisten ataupun cara yang salah dalam perawatan burung tersebut.

Perawatan yang salah disini biasanya dari faktor kurang konsisten dalam pemberian pakan ataupun EF tambahan yang dapat membuat birahi burung naik turun. Memang pada dasarnya burung lovebird merupakan burung koloni tetapi kalau kita bisa seting birahi dan emosi burung tersebut maka dapat dipastikan sifat fighter akan muncul karena burung merasa mempunyai teritorial yang harus dijaga.

Love Bird Paskun Fighter dan Ngekek Panjang
Beberapa cara agar lovebird dapat mengeluarkan sifat fighter adalah dengan cara memberikan untulan ataupun pasangan, ada juga setingan tunggal yang mengharuskan burung disendirikan tanpa melihat burung sejenis.

Tetapi kali ini kita akan mencoba cara sederhana tapi dapat membuat burung LB yang tadinya kurang fighter menjadi fighter, cara ini hampir mirip dengan setingan tunggal yang mengharuskan burung tidak saling lihat dengan burung sejenis.

Baca juga : Ciri Fisik LB Fighter dan Calon Ngekek Panjang
Langsung saja beberapa cara perawatan Lovebird agar keluar sifat fighternya yang mungkin cocok dengan burung anda semua.
  1. Coba burung di sendirian dari burung yg lain nya, alias letak nya khusus.
  2.  Mandikan minimal sehari 2x lalu angin-anginkan dan masukan kembali keruangan khusus nya tsb.
  3.  Burung tidak usah dijemur dan jika udara ditempat kita tidak terlalu dingin alias sejuk tidak perlu pengkerodongan cukup terkena sinar lampu.
  4. Berikan pakai kenari campur & tidak perlu diberikan EF.
  5. Jika mau dibawa ke lomba, pada hari H nya Love Bird tersebut tetap dimandikan & angin2kan serta jika sudah kering bulu nya lalu kerodong.
  6. Penjemuran hanya pada saat sampai di lapangan, burung dibuka kira-kira 1 jam & jika burung sudah merasa nyaman serta mau ngekek burung di kerodong kembali sampai burung tersebut mau dinaikan ke gantangan.
  7. Usahakan datangg ke tempat lomba 1 jam sebelum main agar bisa menjemur & adaptasi dengan lokasi.
  8. Berikan EF kesukaan nya 30 menit sebelum naik ke gantangan.
  9. Jangan lupa berikan vitamin pada air minum nya & ganti setiap sore hari.
  10. Setingan ini bisa juga digantikan saat burung dalam kondisi OB (Over Birahi) tinggi hanya tidak perlu diberikan EF.
Jika burung anda masih paud silahkan baca artikel Setingan Lomba LB Balibu, sifat fighter tidak bisa langsung tumbuh begitu saja tetapi dengan perawatan yang konsisten maka sifat fighter pada lovebird akan tumbuh.

Untuk mengetahui burung lovebird sudah fighter apa belum bisa dicoba dengan cara mendekatkan dengan burung sejenis, jika burung anda langsung narik ngekek maka perawatan anda sudah berhasil maka langkah selanjutnya adalah untuk membuat ngekeknya menjadi lebih panjang dengan cara latihan fisik.

Semoga tulisan diatas bisa sedikit membantu untuk membuat Lovebird anda semakin Fighter dan dapat ngekek panjang. Jika anda belum tau jenis kelamin LB yang dirawat maka anda perlu membaca postingan kami tentang Cara Bedakan Kelamin LB 99% Akurat.

2 Responses to "Cara Keluarkan Sifat Fighter Lovebird"

Silahkan berkomentar dengan menggunakan akun Google anda.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel